Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas saat melakukan pemasangan dinding penahan dari bambu, agar tanah longsor tidak meluas, Jum'at (24/11/2017). (Foto: Yayan Darwansah)

24 November 2017 13:39:01 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - 60 petugas gabungan dari Satgas BPBD dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Pagaralam, terjun membantu warga RT 09 RW 03, Kelurahan Dempo Makmur yang terkena bencana tanah longsor, pada Kamis ( 23/11/2017) dini hari.

Pantauan GLOBALPLANET.news, petugas bersama warga memasang dinding penahan tanah yang terbuat dari bambu. Upaya ini dilakukan, agar longsor tidak meluas dan menimpa rumah warga lain yang berada di bawahnya.

Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi melalui Kasi Logistik, Landri Tarmadi mengatakan, longsor itu terjadi karena curah hujan yang terus melanda Kota Pagaralam. Sehingga menyebabkan struktur tanah menjadi labil, dan mengalami longsor sepanjang 10 meter dengan ketinggian 8 meter.

"Perumahan di daerah ini memang sangat padat dan bersusun seperti tangga, karena dibangun di atas tanah tebing. Jika terjadi longsor dari atas seperti sekarang ini, maka rumah di bawahnya akan tertimbun longsor," ujar Landri, saat memberikan bantuan, Jum'at (24/11/2017).

Sementara itu, Ketua RT 09 RW 03, Kelurahan Dempo Makmur, Suparto, berharap agar longsor yang terjadi di rumah Daryono tersebut bisa cepat ditanggulangi, agar tidak sampai terjadi longsor susulan.

"Sudah ada beberapa titik longsor di sini. Padahal, warga sudah membuat tembok penahan. Karena hujan terus menerus, membuat kondisi tanah labil dan terjadi longsor," katanya.

Dilokasi yang sama, Daryono (56) warga yang terkena bencana tanah longsor mengatakan, sangat mengharapkan bantuan dari pihak pemerintah yang terkait, terutama dalam hal penanggulangan agar tidak terjadinya longsor susulan. 

"Kami sangat khawatir kalau terjadi longsor lagi. Jika tidak cepat dicegah, bisa saja ada longsor susulan dan menimpa rumah warga lain yang ada di bawah sana," ujarnya.
 

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Amizon

Create Account



Log In Your Account