Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan didampingi komisioner KPU memberikan pengarahan dalam rapat penetapan pasangan calon, Senin (12/2/2018). (Foto : Rody Hartono?GlobalPlanet.news)

12 Februari 2018 17:28:00 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET.news - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menetapkan dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang yakni H David Hardrianto Aljufri - H Eduar Kohar, serta Joncik Muhammad - Yulius Maulana.

Kedua Paslon tersebut ditetapkan oleh KPU Empat Lawang berdasarkan jalur partai politik (Parpol). H David Hardrianto Aljufri dan H Eduar Kohar diusung Partai Golkar 10 Kursi, Nasdem 4 Kursi, Gerindra 1 Kursi dan PBB, PKS dan Perindo (non kursi DPRD).

Sedangkan pasangan Joncik Muhammad dan Yulius Maulana diusung Partai PDI Perjuangan 4 Kursi, PAN 5 Kursi, Demokrat 4 Kursi, PKB 3 Kursi, PKPI 2 Kursi, PPP 1 kursi dan Hanura (Non kursi DPRD).

Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan mengatakan, sesuai dengan aturan dan berdasarkan verfikasi faktual ditetapkan dua Paslon yang memenuhi persyaratan sedangkan dua Paslon lagi tidak memenuhi syarat.

"Kita menerima empat bakal Paslon. Dua perseorangan dan dua Paslon parpol. Alhamdulillah berdasarkan hasil verifikasi hanya ada dua Paslon yang maju pada pilkada tahun 2018. Syarat perseorangan hanya terkumpul sekitar 10 ribu. Mulai hari ini sampai kedepannya kedua Paslon sudah dalam pengawasan dan aturan hukum dalam pemilu," jelas Mobius, Senin (12/2/2018).

Setelah dilaksanakan rapat penetapan ini, pihaknya akan kembali mengadakan rapat bersama dengan Pol PP, Panwaslu dan Unsur Pemerintahan terkait alat peraga kampanye mengingat Pol PP nanti yang akan mentertibkan alat peraga kampanye.

"Setelah ini kita rapat bersama membahas alat peraga kampanye, besok kita mengajak dan mengundang untuk penentuan nomor urut pasangan calon," katanya.

Untuk diketahui kedua pasangan yang tidak lolos Verifikasi yakni, pasangan H Yulizar Dinoto dan H Kison Syahril, Paslon tersebut menempuh jalur perseorangan namun jumlah dukungan tidak memenuhi syarat karena hanya mencapai sekitar 10 ribu dukungan KTP.

Sedangkan untuk Pasangan Anamsyah dan Jauhari Hora tidak memenuhi syarat sama sekali karena tidak mengikuti aturan dari KPU Empat Lawang Karena dukungan KTP dan Parpol tidak lengkap.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 441