loader

OKI Dulang Peluang dari Jalur Bebas Hambatan

Foto

OKI, GLOBALPLANET. - Jokowi yakin banyak peluang terbuka dan menguntungkan dengan adanya proyek infrastruktur ini. "Sehingga aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan biaya bersaing dengan provinsi lain bahkan negara lain,” papar Jokowi saat peresmian di pintu tol Keramasan, Selasa, (26/1/2021).

Jokowi meminta kepala daerah di wilayah perlintasan tol mampu menghubungkan sentra-sentra ekonomi, pariwisata, kawasan Industri, pertanian, hingga sentra perkebunan ke jalur lintas tol trans Sumatera. "Ini tugas pemerintah provinsi dan pemerintah daerah,” kata Jokowi.

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE mengatakan sebagaimana harapan presiden, OKI akan memaksimalkan peluang kehadiran tol trans sumatera guna meningkatkan investasi pembangunan daerah di Bumi Bende Seguguk. Dengan masuknya investasi masyarakat bisa mendapat manfaat baik ekonomi maupun sosial. "Kehadiran tol mampu meretas jarak, menumbuhkan iklim investasi dan berdampak signifikan terhadap ekonomi dan sosial masyarakat OKI," ujar Bupati dua periode itu.

Iskandar menyebut sejak dibangun dan dioperasikan, jalur bebas hambatan ini mampu mendongkrak investasi di OKI hingga 210 persen pada 2020 lalu. "Kontribusi tol trans sumatera untuk iklim investasi di OKI sejak masa kontruksi, operasional hingga investasi realisasinya mencapai 210 persen di 2020," terang Iskandar.

Adanya jalan tol dan berbagai sarana infrastruktur primer untuk pembangunan ekonomi wilayah menurut Iskandar, memang diperlukan bagi daerah agar dapat memanfaatkannya untuk pengembangan hilirisasi hasil pertanian dan perkebunan, mendorong pariwisata lokal, dan membantu pelaku UMKM. "Secara umum diperlukan bukan dalam konteks mengatasi kemacetan, melainkan lebih kepada aspek distribusi logistik dan daya angkut potensi ekonomi lokal," terangnya.

Iskandar juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang menyediakan infrastruktur mengkoneksikan antar daerah secara lebih cepat dan mudah. "Tinggal bagaimana kita pemerintah daerah bisa lebih cepat lagi memacu pertumbuhan ekonomi di daerah masing-masing agar produktif dengan memanfaatkan jalan tol yang sudah dibangun pemerintah," tutupnya.

 

Tol

Share

Ads