loader

Berkendara Aman di Musim Hujan, Ikuti Trik dari Dirlantas Polda Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET. - Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Cornelis Ferdinand Hotman Sirait SIK SH mengatakan, beberapa hari terakhir Sumsel khususnya kota Palembang dan sekitarnya diguyur hujan lebat dan merata di seluruh kota Palembang sehingga jalanan banyak yang tergenang.

“Maka dari itu kami menghimbau kepada pengendara roda dua maupun roda empat agar berhati-hati saat berkendara saat hujan dan waspada terhadap jalanan yang tergenang air,” katanya kepada wartawan diruang kerjanya Selasa (19/1/2021).

Dikatakan Cornelis F Hotman Sirait jalanan yang tergenang membuat roda kendaraan mudah slip saat melaju di kecepatan tinggi. Dalam kondisi jalanan yang basah diguyur hujan dan di persimpangan pengendara mengerem mendadak juga sangat berbahaya bisa menimbulkan kecelakaan.

“Saat hujan turun pengendara harus mengurangi kecepatan dan menjaga jarak hal ini untuk menghindari kecelakaan. Kalau hujan deras disarankan untuk berhenti menunggu hujan reda,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat hujan deras khususnya pengendara motor akan sangat terganggu oleh air hujan yang menutupi helm maka dari itu agar berhenti menunggu hujan reda. “Saat hujan pasti terjadi kemacetan apakah itu disebabkan genangan air maupun penyempitan jalan. Untuk itu anggota Ditlantas selalu siaga mengatur lalulintas tentunya dilengkapi dengan jas hujan,” jelasnya.

Share

Ads