loader

Tingkatkan PAD, Pasang Tapping Box di Restoran dan Hotel

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Kepala BP2RD Muba, Riki Junaidi AP MSi melalui Kabid Penagihan dan Pembukuan Solekhan mengatakan, pemasangan tapping box sendiri upaya pihaknya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khusus disektor rumah makan, restoran, dan hotel.

"Tahap pertama itu ada 10 unit dari pengajuan sekitar 50 unit kepihak Bank SumselBabel, 10 unit ini langsung kita pasangkan," kata Solekhan

Sebab, pihaknya bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel untuk penerapan tapping box. Bank Pembangunan Daerah itu menyediakan alat dan turut membantu pemasangan di tiap tempat usaha. "Jadi setelah terpasang pelaku usaha tidak bisa berkelit bilamana omset tidak sesuai dengan pajak yang dibayarkan. Karena dengan tapping box bisa terpantau perharinya, sebab sistemnya akan online, " jelasnya.

Oleh karena itulah, nanti tidak menutup kemungkinan pajak disektor rumah makan, restoran dan hotel bisa naik signifikan.

"Biasanya mereka membayar pajak dalam sebulan ada yang Rp 3 juta hingga Rp 5 juta, bisa nanti dengan tapping box mencapai puluhan juta mereka membayar. Sebab, 10 unit tapping box ini dipasang yang notabene sasaran utama kita, " ucapnya.

Sambung dia, untuk target sendiri dari sektor  pajak restoran Rp 13.510.404.000 terealisasi Rp 8.460.060.036 atau baru 62,62 persen. Sedangkan, Hotel target 905.383.000 terealisasi Rp 723.372.872 atau 79,90 persen. "Nanti untuk tahun 2021 mendatang. Target akan mengalami kenaikan, makanya kita optimis target akan tercapai, " imbuhnya.

Sementara itu, Kiki pengelola Cafe Deadline menyampaikan, apresiasi positif dan mendukung program pemasangan tapping box. "Sangat baik, karena mempermudah dan sistemnya juga online," tandasnya.

Share

Ads