loader

Ketua PMKM Sumut HM Subandi Bertekad Kuatkan UMKM

Foto

MEDAN, GLOBALPLANET - "Itu yang saya lihat sendiri. Sudah banyak curhat pelaku UMKM yang saya terima. Saya tak mau UMKM itu bangkit sendiri, berjuang sendiri, mati atau tumbang pun sendiri. Kita harus mampu mengubah situasi itu secara bersama-sama, berjuang bersama," kata Ketua DPW Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PMKM) Prima Sumut, Drs HM Subandi.

Hak itu dikatakan anggota DPRD Sumut tersebut saat mengijuti rapat daring (meeting online) menggunakan aplikasi Zoom yang diselenggarakan DPP PMKM Prima khusus untuk para pengurus di Provinsi Sumatera Utara, Minggu (20/9/2020) malam.

Hadir dalam rapat daring itu Ketua Umum DPP PMKM Prima H Umar, Ketua Harian Endang Suherman, Ketua OKK Heru Prasetyo S.Kom, Sekjen Sumut Bambang Purwanto, dan para pengurus di Sumut seperti Johnny Solin, Suparno, Drs H Malindung Capah, dan lainnya.

Subandi meminta seluruh pengurus untuk kompak dan bahu-membahu membangun kekuatan UMKM di Sumut. "Seperti tekad kita yakni UMKM naik kelas, karena itu kelak pelaku UMKM harus bermetamorfosis jadi pengusaha," ujar Subandi.

Ketua Harian Endang Suherman memuji komitmen HM Subandi. Kata dia, beberapa waktu sebelumnya pun HM Subandi dan para pengurus PMKM Prima Sumut telah berjuang mengupayakan dana stimulus dari pemerintah pusat untuk pelaku UMKM di Sumut.

"Semoga para pelaku UMKM yang sudah dibantu PMKM Prima Sumut agar bisa menerima dana bantuan dari pemerintah pusat, kelak bergabung dengan PMKM Prima Sumut," kata Endang.

Di sisi lain, Endang juga memaparkan dua pola perjuangan penguatan pembangunan UMKM yakni melalui pembentukan koperasi atau membentuk outlet untuk menampung dan memasarkan produk-produk UMKM.

Kemudian, kata Endang, adalah dengan memaksimalkan teknologi, media sosial (medsos), serta sejumlah aplikasi pemasaran. Sebab, kata Endang, pelaku UMKM tak boleh lagi bergantung sepenuhnya pada cara pemasaran yang konvensional. 

Share

Ads