loader

Sejak Dibuka Juli, Pengunjung Candi Bumi Ayu Menurun 50 Persen

Foto

PALI, GLOBALPLANET. - Dengan demikian, wisata dan kunjungan situs candi Bumi Ayu mulai dibuka kembali sejak Juli 2020 dengan tetap menerap protokol kesehatan. Dan bagi pengunjung, juga diwajibkan mengenakan masker dan dilakukan pengecekan suhu bagi pengunjung yang masuk wilayah cagar budaya candi bumi ayu.

"Dibuka sejak awal Juli 2020, dengan tetapmeberapkan protokol kesehatan. Di bulan Juli belum ada sama sekali pengunjung, dan di bulan Agustus baru ada beberapa pengunjung, mungkin karena kurangnya informasi yang diterima masyarakat, sehingga belum banyak yang mengetahui," ungkap Andi Fatahila selaku staf BPCB yang bertugas di Candi Bumi Ayu, Rabu (9/9/2020).


Lebih lanjut, Andi menjelaskan bahwa kuota kunjungan sejak dibuka kembali turun hingga separuh dari sebelum ditutupnya pelayanan dan kunjungan di cagar budaya Candi Bumi ayu sejak Febuari 2020 lalu.

"Dari data kunjungan sebelum dilakukan penutupan karena pandemi, persentasenya turun hingga 50 persen. Untuk pengunjung didominasi oleh pengunjung lokal kabupaten PALI, dan ada beberapa dari luar daerah serta sejumlah mahasiswa," jelasnya

 

Selain itu, dirinya juga berharap untuk pengunjung yang memasuki ataupun berkunjung ke cagar budaya candi bumi ayu, dapat mematuhi peraturan yang berlaku sesuai standar protokol kesehatan.

"Bagi pengunjung kami tetap menegaskan untuk menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker dan menjaga jarak serta menjaga kesehatan dan kebersihan dilingkungan cagar budaya Candi Bumi, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," harapnya.

Share

Ads