Berita :: GLOBALPLANET.news

Tim gabungan saat mengevakuasi korban yang ditemukan mengapung di sungai. (Foto: Ist)

06 Agustus 2020 16:43:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Dua orang korban hilang saat kecelakaan speedboat di perairan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akhirnya berhasil ditemukan tim SAR gabungan Kamis (6/8/20).

Korban Nia Surnia Sari (22), berhasil ditemukan Kamis pagi sekitar pukul 04.05 WIB mengambang dan sudah dalam keadaan meninggal dunia sekitar 1 Km dari lokasi awal kejadian.

Korban kedua Riski B Hadi Mustofa (7) ditemukan siang hari sekitar pukul 13.20 WIB dalam keadaan meninggal dunia sekitar 7,6 kilometer dari lokasi awal kejadian.

Setelah dievakuasi ke daratan oleh tim SAR gabungan, kedua korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga guna dilakukan prosesi pemakaman.

Diberitakan sebelumnya Rabu (05/08) sekitar pukul 09.50 WIB sebuah speedboat Taxi tujuan Kampung Tobo Karang Agung menuju Sungai Lilin, tiba-tiba mengalami mati mesin sehingga speed tersebut terbawa arus kemudian menabrak Kapal Tongkang Batubara dan mengakibatkan 4 dari 10 orang penumpang hilang.

Kepala Basarnas Palembang Hery Marantika SH MSi mengatakan jumlah korban yang hilang dari terbaliknya speedboat penumpang di perairan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin berjumlah empat orang. Dua sudah berhasil ditemukan dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

“Saat ini masih dua orang korban lagi yang belum ditemukan dan masih terus dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan baik dari Basarnas Sumsel, TNI/Polri, KSOP, Pihak Pemda dan Medis,” katanya.

Diakui Hery untuk kendala yang dihadapi personel di lapangan selama proses pencarian selain faktor cuaca dan arus sungai yang deras keruhnya air sungai juga menjadi kendala tersendiri bagi team SAR gabungan.

“Dengan kondisi air yang keruh maka akan sulit untuk dilakukan penyelaman karena jarak pandang atau visibility di dalam air sangat membahayakan jika dipaksakan,” pungkasnya.

Reporter : Andika Pratama Editor : M.Rohali 291