loader

Hari Ke-6 PSBB, Harno Sebut Mayoritasnya Warga Palembang Patuh

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Orang nomor satu di Palembang ini meninjau dua titik check point PSBB yakni di posko check point di Dekranasda Jakabaring dan check point di Jalan Mayjen Ryacudu depan Mc'Donalds.

"Mayoritas masyarakat mulai sadar dengan pentingnya menjaga jarak. Hanya ada beberapa yang masih duduk berdekatan, Alhamdulilah PSBB yang kita sosialisasikan sebelumnya sampai di masyarakat," ungkap Harnojoyo usai meninjau posko check point Jalan Mayjen Ryacudu, Selasa (26/5/2020).

Harno melanjutkan, seperti yang sudah ditetapkan sebelumnya sanksi sudah mulai diterapkan kepada para pelanggar kebijakan ini. Sanksi berupa sanksi moral hingga sanksi administratif.

"Sanksi sudah mulai diterapkan, sanksinya ringan seperti membersihkan fasilitas umum, sanksi sosial, dan administratif. Yang penting kesadaran masyarakat yang kita butuhkan," tandasnya.

Menanggapi salah satu pedagang Pasar Kebon Semai suspect Covid-19 yang meninggal, pihaknya akan memperketat protokol kesehatan yang ada di pasar tradisional lain. Agar hal serupa tidak terjadi. "Yang di Pasar Kebon Semai memang sudah terjadi dan kita lakukan penutupan, standar kesehatan yang kita utamakan dan perketat," kata dia.

Pantauan glbalplanet.news di titik check point lain, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman kendaraan roda dua dan roda empat nampak memadati posko tersebut. Warga mulai paham dengan aturan PSBB meskipun sebagian masih ada yang tidak mengatur tempat duduknya.

Pengendara yang ketika dicek suhu tubuhnya di atas 36 derajat celsius diminta istirahat terlebih dahulu di bus Trans Musi sebelum diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

31 Pelanggar Sapu Taman Kota

Sementara itu, Kasat Pol PP Palembang Guruh Agung (GA) Putra Jaya menambahkan, sejak resmi diberlakukannya PSBB saat ini sudah ada 31 orang pelanggar PSBB yang ditindak Sat Pol-PP.

"Sudah 2 hari kita lakukan sudah sampai 31 orang, kalau hari ini belum ada laporan. Ini hasil dari kita bergerak mobile. Jadi Sat Pol-PP membagi 5 tim menyebar patroli di keramaian, tempat-tempat mall, tempat usaha, fasilitas umum, dan aset. Kita sanksi membersihkan taman Kambang Iwak. Kita terus edukasi di check point lalu di bawa ke Kambang Iwak untuk menjalankan sanksi," tutupnya.

Share

Ads