loader

Ini Cara Wilmar Tingkatkan Produktivitas Petani Sawit

Foto

RIAU, GLOBALPLANET - Program tersebut diisi dengan penerapan terbaik (best practice) teknis budidaya sawit, seper ti teknik pengambilan sampling, tanah, dan daun untuk penumpukan, pengenalan unsur hara, pengendalian hama penyakit, serta praktik lapangan.

Hari Petani Wilmar digelar pada 14-15 Januari 2020 di wilayah dua koperasi petani mitra Wilmar di Kabupaten Siak, Riau, yaitu Koperasi Sekato Jaya Lestari dan Tinera Jaya, keduanya di bawah pendampingan PT Permodalan Siak (Persi) yang merupakan badan usaha milik pemerintah Kabupaten Siak.

Manager Humas dan Humas Resource PT Siak Prima Sakti Beni Safari mengatakan, pendampingan para mitra perusahaan tidak berhenti sampai mereka memperoleh sertifikat Indonesia Suistainable Palm Oil (ISPO) kemudian dilanjutkan dengan program pendampingan petani swadaya.

Selain menggelar pelatihan rutin, perusahaan juga memberikan rekomendasi pemupukan sebagai pedoman bagi petani dalam menentukan dosis dan aplikasi yang tepat sesuai kebutuhan tanaman.

“Petani perlu mengadopsi metode dan teknik terbaik untuk meningkatkan hasil panennya,” ujar dia, dikutip dari Investor.

Menurut Ketua Koperasi Tinera Jaya Suhailis mengatakan acara ini sangat bermanfaat karena memberikan tambahan informasi dan pengetahuan kepada petani mengenai cara berkebun yang lebih profesional termasuk administrasi dan perencanaannya.

Selama ini, petani berkebun secara konvesional padahal untuk memperoleh hasil terbaik petani perlu melakukan terobosan. Pelatihan untuk menambah pengetahuan petani sawit sangat penting karena bisa meningkatkan kesadaran mereka mengenai budidaya yang baik dan benar.

Share

Ads