Berita :: GLOBALPLANET.news

02 Oktober 2019 19:12:53 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Konsulat Jenderal (Konjen) India untuk Pulau Sumatera dan berkedudukan di Medan merayakan hari lahir ke-150 Mahatma Gandhi, sosok pejuang India melawan kolonialisme Inggris sekaligus tokoh humanis dunia. Perayaan dilakukan di Universitas Sari Mutiara Indonesia (USMI) Medan, Rabu (2/10/2019).

Hadir dalam acara itu Pradeep Kumar Rawat, Duta Besar India untuk Republik Indonesia dan Timor Leste, Konjen India untuk Pulau Sumatera dan berkedudukan di Medan, Raghu Gururaj,  sejumlah konjen, Parlindungan Purba selaku Ketua Yayasan Sari Mutiara Indonesia, Ivan Elisabeth Purba, Rektor USMI, serta perwakilan pengajar dan mahasiswa. 

Konjen India, Mr Raghu Gururaj menyebutkan bahwa tahun 2019 merupakan tahun yang penting bagi India dan Indonesia. Seb, tahun ini menandai dua hal yaitu hari jadi ke-70 hubungan diplomatik antara India dan Indonesia dan juga perayaan hari lahir ke-150 Mahatma Gandhi.

Raghu Gururaj menyebutkan, keistimewaan Mahatma Gandhi bukan saja karena sukses memimpin India meraih kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1947, tetapi juga menginspirasi beberapa pergerakan perjuangan hak azasi manusia  (HAM) dan kebebasan di seluruh dunia. 

Raghu Gururaj mengatakan, Mahatma Gandhi telah mnginspirasi jutaan orang di seluruh dunia melalui kehidupannya yang berdasarkan kebenaran, kesederhanaan dan tanpa kekerasan dan idealismenya. "Apa yang dilakukan Mahmatma Gandhi tersebut terus menjadi relevan hingga hari ini di seluruh dunia," ujar Raghu Gururaj.

Sementara itu Pradeep Kumar Rawat selaku Duta Besar India untuk Republik Indonesia dan Timor Leste mengatakan, kehidupan, ide-ide dan karya Mahatma Gandhi sangatlah penting untuk semua orang yang menginginkan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh umat manusia. 

Kata Dubes, walaupun peta politik dunia telah berubah secara dramatis dan skenario ekonomi dan lingkungan sosial telah juga berubah sejak zaman Mahatma Gandhi, tetapi pentingnya isu moral dan etis yang diangkat Gandhi masih tetap penting bagi masa depan umat manusia dan bangsa-bangsa. 

"Saya berharap para mahasiswa USMI bisa terinspirasi oleh hidup dan karya Mahatma Gandhi menuju hidup yang lebih baik dan positif di masa depan," kata Dubes.

Parlindungan Purba dalam kesempatan itu memaparkan kehidupan dan filosofi Mahatma Gandhi. Dalam acara itu juga Duta Besar India untuk RI dan Timor Leste beserta dan Ketua Yayasan secara bersama meresmikan pendirian patung perunggu ukuran setengah badan Mahatma Gandhi.

Patung perunggu Mahatma Gandhi itu merupakan hadiah dari Indian Council for Cultural Relations. Kedua tokoh tersebut juga membuka pameran foto mengenai kehidupan dan karya Mahatma Gandhi berjudul 'Mohanse Mahatma'. 

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 210