Berita :: GLOBALPLANET.news

KPU OKU Timur saat melakukan sosialisasi di MAN 1 OKU Timur. (Foto: Ist)

12 Februari 2019 17:50:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur gencar melakukan sosialisasi Pemilu serentak ke sekolah-sekolah, salah satunya di MAN 1 OKU Timur. Kegiatan berlangsung di halaman MAN 1 OKU Timur, pada Senin (11/02/2019).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos.i melalui Kasubag Umum, Keuangan dan Logistik H Sutikno, SP menjelaskan, tujuan dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah ini selain untuk mengajak pelajar di Bumi Sebiduk Sehaluan untuk ikut berpartisipasi memilih, juga untuk memberikan pemahaman bagaimana tata cara menyalurkan hak suara maupun hak pilihnya agar tidak terjadi kesalahan.

Sebagai pemilih pemula tentu kalangan pelajar masih banyak yang belum memahami tata cara memilih, karena tentunya pengetahuan mereka tentang Pemilu masih sangat kurang. Untuk itu pada kesempatan ini pihaknya memberikan penjelasan baik berhubungan dengan syarat pemilih maupun teknis ketika memilih di TPS.

“Karena pelajar merupakan pemilih pemula, tentu pengetahuan tentang Pemilu masih sangat kurang. Sehingga sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara Pemilu yang benar, serta berhubungan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi agar dapat dikatakan sebagai pemilih tetap," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh pelajar di OKU Timur agar dapat menggunakan hak suara maupun hak pilihnya dengan benar, jangan sampai golput. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khsusnya pelajar, terutama yang sudah terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019.

“Disetiap kesempatan kita bersama seluruh jajaran relawan demokrasi selalu memberikan arahan kepada masyarakat dan pelajar yang belum paham tentang kepemiluan, dari tahapan Pemilu hingga tata cara pencoblosan,” ungkapnya.

Sedang, Kepala MAN 1 OKU Timur A Kadir, M.Pkim menambahkan, menyambut baik dengan adanya sosialisasi yang dilakukan KPU OKU Timur. Menurutnya selain dapat menambah wawasan pelajar terhadap proses demokrasi Pemilu juga sebagai langkah untuk memberikan informasi pentingnya menyalurkan hak suara sebagai warga negara yang baik.

“Kita sangat menyambut baik kegiatan ini, semoga dengan adanya sosialisasi ini pelajar di lingkungan MAN 1 OKU Timur seluruhnya dapat menyalurkan hak suaranya sesuai pilihan hati masing-masing,” katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 322