Berita :: GLOBALPLANET.news

Ikan patin salai yang diproduksi masyarakat Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Jumat (8/2/2019). (Foto: Adi Irawan)

08 Februari 2019 11:35:00 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET.news - Ikan salai patin yang diproduksi masyarakat Desa Sungai Rengit, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin banyak diminati masyarakat. Pasalnya ikan salai yang diproduksi sangat gurih, awet dan rasanya sangat khas.

Hengki pengelola ikan salai patin menjelaskan, ikan patin yang dikembangkan masyarakat di Desa Sungai Rengit sangatlah banyak, sehingga pedagang ikan dari berbagai daerah banyak yang berdatangan setiap harinya. “Jadi sekarang ini selain dijual juga dikembangkan menjadi ikan salai patin, supaya lebih bervariasi dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar,” kata dia dibincangi Jumat (8/2/2019).

Salai patin perkilonya jika di lokasi hanya Rp85 ribu, sedangkan di jual di luar harganya Rp100 ribu perkilo. Untuk kemasan yang berat 6 on dijual Rp50 ribu. Untuk pembuatannya masih tradisional menggunakan pengasapan sekam dan kayu. “Bagi yang ingin membeli dapat datang langsung ke tempat kami UPT BPP Talang Kelapa,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Rengit Murni Sapri mengatakan, masyarakat banyak yang membudidaya ikan patin, sehingga dikembangkan untuk disalai agar nilai jualnya menjadi lebih tinggi, karena peminat ikan patin sangat tinggi. “Rumah salai tersebut kami buat sendiri, karena diajarkan orang tua (kami) dulu dan masih ingat sampai sekarang. Kami juga bisa membantu kalau ada yang beminat untuk dibuatkan tempat salai,” pungkas dia.

Reporter : Adi Irawan Editor : Zul Mulkan 439