Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi. (Foto:Ist)

07 Februari 2019 08:40:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET.news - Banyak anak bangsa yang mungkin bercita-cita ingin menjadi pengusaha. Dalam melaksanakan usaha tentu banyak tantangan yang harus didahapi termasuk bagi pengusaha logistik.

Kali ini Wakil Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto,memverikan beberapa informasi bagaimana tantangan yang harus di hadapi oleh pengusaha logistik di erah sekarang.

Menurutnya, setidaknya ada empat tantangan dasar yang harus dihadapi oleh pengusaha logistik di Indonesia pada 2019 yakni muai dari kredit armada hingga ongkos jalan tol.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (07/02/2019),  menurut Rianto, ada empat tantangan yang selalu menghantui pengusaha logistik di Indonesia yakni:

Pertama, Daya beli

Menurut dia, kemampuan daya beli pelanggan tidak mengalami kenaikan.

Kedua, dari sisi tarif

Dari sisi harga jasa logistik sendiri, dinilai tidak dapat dinaikkan seenaknya karena sudah ada kontrak logistik. Namun baru boleh mengubah harga adalah BBM yang naik atau UMR yang naik, selebihnya enggak.

Kalau BBM-nya turun naik pengusaha dikasih plafon, range-nya adalah plus minus Rp500 rupiah. Kalau kenaikannya plus minus Rp500 rupiah BBM itu maka tidak boleh naik. Artinya pengusaha sudah dipatok di atas.

Ketiga, kredit pengadaan kendaraan

Kredit kendaraan tidaklah murah. Jangka waktunya pun hanya lima tahun sehingga hal itu menjadi fixed cost sehingga margin perusahaan tergerus.

Keempat, biaya tol mahal

Termasuk Jalan Tol Trans Jawa yang belakangan menjadi pembicaraan. Apabila tarif tol mahal, maka margin perusahaan habis sehingga sulit membayar utang.

Empat masalaah ini menjadi tantangan yang sedang dihadapi pengusaha logistik Indonesia.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 148