Berita :: GLOBALPLANET.news

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam hadir di Palembang dalam kegiatan sosialisasi LRT kepada pelajar dan mahasiswa di Stasiun RS Siti Fatima Km5 Palembang, Sabtu (15/12/2018).

15 Desember 2018 12:12:54 WIB

PALEMBANG , GLOBALPLANET.news - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI Divre Ill Palembang semakin gencar mengenalkan angkutan Light Rail Transit (LRT) ke masyarakat. Setelah sebelumnya mensosialisasikan pada anak TK/SD dan disabilitas, kali ini peserta kalangan pelajar SMA serta mahasiswa di Palembang.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Edi Nursalam mengatakan, sosialisasi kali ini diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari kalangan milenial Palembang. Mereka diajak untuk menjadi agen menggunakan transponasi LRT.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak seluruh kalangan milenial di Palembang agar beralih mengunakan LRT Sumsel dalam melakukan mobilisasl ke Kampus, Sekolah, maupun jalan-jalan," katanya, disela-sela sosialisasi di Stasiun LRT RSUD Fatimah KM 5, Sabtu (15/12/2018).

Menurut mantan Kadis Perhubungan Palembang, dilihat dari tingkat keselamatan LRT Palembang dinilai tebih aman dari kendaraan jalan raya. Kehadiran LRT sendiri diharapkan dapat mengubah mindset kalangan milenial Palembang dalam bertransportasi dengan menjadikan LRT ini sebagai transpotasi pilihan utama. Apalagi tarif yang dikenakan pas di kantong Rp5000 ke berbagai tujuan selain bandara, dan Rp10.000 kalau ke bandara

"Sosialisasi ini akan terus dilakukan, supaya ke depan agar LRT bisa menjadi angkutan umum yang ramai, dan masyarakat pun terbiasa menjadikannya sebagai angkutan utama di Kota Palembang," ujarnya.

Dari segi antusias Edi menambahkan, masyarakat milenial Palembang menggunakan transportasi kekinian tersebut sudah cukup baik. Dengan dilakukannya sosialisasi LRT, diharapkan antusiasme milenial semakin meningkat dan menjadikan LRT pertama kali di Indonesia ini sebagai tranportasi sehari-hari.

"Budayanya harus berubah, mungkin sehari-hari kalangan milenial ini menggunakan motor. Diharapkan kedepan LRT ini dimanfaatkan sehingga, LRT bisa digunakan sebagai tranportasi sehari-hari," bebernya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Divre Ill Aida Suryanti menambahkan, pengenalan LRT kepada milenial Palembang sebagai upaya merubah budaya generasi bangsa Indonesia dari mengunakan kendaraan pribadi ke transportasl umum khususnya LRT.

"Dengan adanya sosialisasi ini juga kami sengaja mengundang para mahasiswa di Kota Palembang seperti, Bina Darma, UIN, Stisipol, Unsri, dan lain-lainnya. Melalui mereka ini diharapkan menjadi corong mensosialisasikan di kampusnya, sehingga kalangan tersebut membiasakan untuk naik LRT," katanya.

Menurut Aida, penggunaan transportasi umum, selain dapat menjamin keselamatan untuk kalangan milenial, juga bertujuan pengurangan konsumsi BBM serta untuk menjaga kondisi lingkungan Palembang, karena LRT Sumsel menggunakan listrik dan bebas polusi.

"Jadi kami berharap kedepan jumlah penumpang yang menggunakan LRT itu semakin bertambah dengan adanya sosialisasi dari semua kalangan, karena sebelumnya sudah dilakukan kalangan pelajar," bebernya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Zul Mulkan 181